DomaiNesia

Alasan Adanya FUP Pada Paket Internet Unlimited

FUP atau Fair Usage Policy adalah kebijakan batasan pemakaian internet yang disediakan oleh provider layanan internet. Lantas apa alasan adanya FUP?


Masherul.Com FUP atau Fair Usage Policy adalah kebijakan batasan pemakaian internet yang disediakan oleh provider layanan internet. Biasanya, ketika kamu sudah memakai internet dengan kuota tertentu pada kecepatan tertentu, maka kecepatan internet kamu akan diturunkan.

Lantas mengapa harus ada FUP dipaket internet unlimited milik kita? Alasannya adalah supaya provider tidak tekor, itu aja.

Misalnya ada paket internet unlimited dengan batas kecepatan 10 Mbps tanpa FUP. Berarti paket internet itu bisa dipakai pada kecepatan 10 Mbps non-stop selama masa langganan.

Dari sudut pandang provider, dalam mematok harga mereka harus memperkirakan biaya untuk paket unlimited itu. Katakanlah mereka punya sekian ribu tower pemancar, tiap pemancarnya butuh biaya operasional sekita miliar sebulan, dan bisa melayani internet sekian Gbps.

Sumber gambar : detik.com

Supaya gampang, misalnya biaya yang dikeluarkan operator sebesar 5 miliar per Gbps per bulan. Jadi kalau kita jumlahkan untuk paket unlilmited 10 Mbps tadi biayanya 50 juta per bulan. Siapa yang mau beli?Tapi tentunya tiap customer tidak selalu menggunakan internet 24/7. 

Misalnya ketika jam kerja pemakaian tinggi, malam hari pemakaian rendah. Jadi tiap customer tidak melulu konstan 10 Mbps. Katakanlah jika dirata-rata tiap customer itu cuma pake internet 0,5 Mbps konstan.

Dari harga yang tadi, kita bisa hitung biaya rata-rata tiap customer itu sebesar 2,5 juta per bulan. Ini pun masih kemahalan. Jadi gimana caranya biar lebih terjangkau? Dibuatlah FUP. 

Operator kemudian meresearch berapa sih kebutuhan internet customer tiap bulannya. Misal didapat rata-rata kebutuhan customer itu 100 GB sebulan. Jadi setelah 100 GB (100 GB = 800 Gb), bandwidth internet dipotong habis-habisan untuk meminimalkan biaya. 

Dengan asumsi bahwa kebutuhan internet customer itu sudah cukup dengan 100 GB FUB tadi. Kemudian disesuaikan juga harga yang cocok sesuai dengan ukuran FUP tadi.

Kenapa jarang ada paket unlimited dan tidak ada yang tanpa FUP? alasannya supaya tidak rugi. Orang yang nyari paket internet unlimited tanpa FUP itu biasanya orang yang niatnya bikin warnet pakai paket data. 

Customer yang cuma lihat youtube pas pulang kerja tidak usah repot nyari yang unlimited karena mereka tahu kebutuhan mereka cuma sedikit. Jadi layanan internet unlimited itu cenderung dihindari karena bisa dipake untuk warnet oleh customernya dengan resiko rugi bagi provider, dan jika dipasang harga tinggi kemahalan untuk customer nonton youtube sepulang kerja.

Kenapa internet wifi ada yang unlimited? Wifi itu pakai fiber optik bukan pemancar nirkabel. Fiber optik operasionalnya lebih murah. Juka wifi itu tidak mobile jadi penggunanya pergi pagi pulang sore otomatis selama siang hari tidak ada yang pake, kan kosong tuh.

Pada intinya FUP itu untuk mengakali orang yang mau cari untung lewat paket unlimited. Malah menurut saya konsep "unlimited" untuk paket data seluler sama sekali tidak bagus dari sisi customer maupun providernya.

Baca Juga
I like to read and learn new things, especially about Writing and Programming and then applying them in my work, I work on my own to build Masherul.com and its derivative products.

Posting Komentar

Isi kolom komentar dibawah dengan komentar yang positif dan membangun demi kemajuan website ini.