DomaiNesia

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Untuk Gaming

Masherul.Com - Pada saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, Hampir seluruh orang mempunyai smartphone, Mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orangtua pun tidak ingin kalah dalam hal mempunyai smartphone. 




Mengapa hampir semua kalangan mempunyai smartphone? Ya, Karena banyak sekali kegunaan dari smartphone tersebut. Mulai dari mempermudah dalam mencari tugas sekolah bagi anak-anak atau remaja, Kemudian mempermudah komunikasi dengan orang yang jarak nya jauh tentu ini berguna bagi orangtua kita yang bekerja di kantor dan lain nya. 

Sedangkan dalam bidang hiburan, Smartphone sangat bagus untuk dijadikan sarana hiburan dengan salah satu nya adalah Game. Game bisa dimainkan oleh semua kalangan dan berguna untuk menghilangkan rasa bosan, mengisi waktu luang, bahkan ada yang bisa kecanduan gara-gara game hehe..

Banyak sekali remaja yang hobi bermain game, Seperti game Moba, Sport, FPS, hingga Battleground. Tentu dengan sering nya kita bermain game maka kinerja smartphone kita menjadi menurun serta mengalami lag atau lemot pada saat bermain game.

Hal tersebut membuat muncul keinginan kita untuk membeli smartphone baru untuk menunjang aktifitas kita ketika bermain game. Namun, jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasi nya tanpa harus membeli smartphone baru. Disini saya test menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Langsung saja kita simak ulasan dibawah.

1. Kita harus memunculkan Developer Options atau Opsi Pengembang dahulu pada smartphone kita. Cara nya bisa dilihat Disini

2. Setelah fitur Developer Options aktif, kemudian akan muncul beberapa pilihan yang bisa kita atur. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Pada tab Gambar atau Drawing, ubah Skala Animasi Jendela atau Windows Animation Scale, Skala Animasi Transisi atau Transition Animation Scale, dan Skala Durasi Animator menjadi 0.5x. Semakin kecil maka semakin besar, untuk pengaturan bawaan nya adalah 1.



3. Pada tab Render yang Dipercepat Perangkat Keras atau Hardware Accelerated Rendering. Kita aktifkan bagian Paksa Rendering GPU atau Force GPU Rendering, Force 4X MSAA, Dan Nonaktifkan Lapisan HW atau Disable HW Overplay.



4. Pada tab Apl atau Apps, Silahkan ceklis Jangan Simpan Kegiatan atau Don't Keep Activities dan Tampilkan Semua ANR atau Show All ARNs. Dan pada opsi Batas Proses Latar Belakang atau 

Background Process Limit ubah menjadi maksimal 3 proses.

Kemudin Restart smartpone kalian dan rasakan perubahan kinerja nya..

Bagaimana mudah bukan? Jika ada yang kesulitan dalam melakukan cara di atas kalian bertanya dengan cara isi kolom komentar dibawah.

Semoga membantu..
Baca Juga
I like to read and learn new things, especially about Writing and Programming and then applying them in my work, I work on my own to build Masherul.com and its derivative products.

10 komentar

  1. Itu ada efek negatifnya ga bos
    1. Digunakan hanya ketika akan bermain game saja
  2. Itu diaktifkan selalu atau aktifkan hanya untuk bermain game?
    1. Diaktifkan hanya untuk bermain game saja
  3. Bukannya kalo di restart force 4x msaa nya balik non aktif ya?
    1. Ya saya kira juga begitu, ataukah kita mengaktifkannya kembali gan?
  4. Hafidz Shafiyyyurrahman A.M
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  5. Mantull gan keliatan beda drastis.. tks
  6. Ngeteh
  7. Saya akan mencoba nya
Isi kolom komentar dibawah dengan komentar yang positif dan membangun demi kemajuan website ini.