DomaiNesia

Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar

Kini melamar kerja lebih praktis hanya dengan mengirimkan pesan email.
Masherul.Com - Ketika kita ingin bekerja di suatu perusahaan pasti kita harus menyiapkan sebuah dokumen yang berisi lamaran pekerjaan untuk di tujukan ke suatu perusahaan yang kita kehendaki. Maka kita harus membuat dokumen lamaran pekerjaan tersebut dengan tulisan tangan ataupun diketik di laptop atau komputer, Setelah dokumen siap maka kita akan kirim lamaran tersebut lewat kantor pos atau pun datang langsung ke perusahaan yang dituju.


Di era kemajuan teknologi pada saat ini, Kini mengirim lamaran kerja tidak perlu lewat kantor pos ataupun datang langsung membawa lamaran kerja ke perusahaan, Melainkan dapat langsung melalui email. Apalagi dengan adanya Android, Mengirim email lamaran kerja menjadi semakin mudah.

Jadi buat kalian yang ingin melamar pekerjaan boleh dicoba mengirim lamaran pekerjan lewat email. Bagaimana cara nya? Simak ulasan berikut.

Sebelum melamar kerja lewat email ada beberpa hal terlebih dulu yang harus disiapkan antara lain: 
  • Surat Lamaran Kerja dalam format Docx/PDF.
  • CV Riwayat Hidup.
  • Scan Ijazah, KTP, dan dokumen penting lainnya.
  • Pas Foto terbaru.
Untuk kalian yang belum tahu cara membuat surat lamaran kerja bentuk PDF bisa dilihat di artikel ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bentuk PDF di HP Android. Dan untuk kalian yang belum tahu cara membuat CV bentuk PDF bisa dilihat di artikel berikut Cara Membuat CV Riwayat Hidup Bentuk PDF di HP Android.
Oke, Jika semua dokumen diatas sudah disiapkan mari kita simak cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar dibawah.

Disini admin contoh kan mengirim email nya menggunakan smartphone Android.


1. Pertama buka aplikasi email di smartphone Android kalian, Kemudian buat email baru dengan cara klik tombol tambah atau plus di pojok kanan bawah seperti pada gambar diatas.



2. Kemudian, Silahkan isi kolom Kepada/To dengan alamat email perusahaan atau HRD perusahaan yang akan dituju. Lalu pada Subjek tuliskan judul email. Contohnya: Lamaran Kerja. Lebih bagus lagi jika Subjek nya dilengkapi dengan posisi pekerjaan yang akan kalian lamar. Di bagian isi email, Berikan kata-kata lamaran yang inti nya adalah kalian melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Contoh nya bisa kalian lihat pada gambar di atas.


3. Setelah semua kolom diisi sesuai langkah nomor dua, Selanjutnya adalah melampirkan file seperti Lamaran, CV, Ijazah, Sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya. Cara nya klik tombol Lampiran seperti pada gambar diatas.


4. Setelah itu akan muncul dua pilihan. Kalian pilih Lampirkan File / Attach File.


5. Berikutnya silahkan pilih dokumen-dokumen yang ingin kalian pilih. Seperti Lamaran.docx, CV, Ijazah, Foto terbaru dan dokumen pendukung lainnya.


6. Setelah semua file sudah dipilih, Sekarang email sudah bisa dikirim. Caranya adalah klik tombol kirim berlogo segitiga yang ada diatas. Terlihat seperti pada gambar di atas.


7. Kemudian email akan terkirim pada alamt tujuan. Untuk mengecek apakah email berhasil terkirim atau tidak, Kalian bisa klik tombol Terkirim / Sent yang ada pada bagian samping. Terlihat seperti pada gambar di atas.


8. Jika email lamaran kerja kalian sudah ada pada daftar email yang terkirim, Itu tanda nya email kalian berhasil terkirim, Terlihat pada gambar di atas. Kemudian tinggal menunngu balasan dari perusahaan yang kamu tuju deh..

Selesai.

Itulah cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar. Tentu itu hanyalah contoh, Kalian bisa berkreasi dengan lebih bagus dan dengan kalimat lamaran yang lebih menarik agar perusahaan dapat tertarik dengan lamaran yang kalian kirim. Silahkan beri kata-kata yang menarik untuk HRD, Agar kalian dapat segera mendapatkan panggilan interview.

Semoga artikel ini dapat membantu, Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah. Terimakasih.
Baca Juga

1 komentar

  1. mantap
Isi kolom komentar dibawah dengan komentar yang positif dan membangun demi kemajuan website ini.