DomaiNesia

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Wawancara Kerja

Masherul.Com - Pada saat kita baru saja lulus dari sekolah menegah atas atau kejuruan pasti kita bingung mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau lebih memilih bekerja supaya bisa membantu perekonomian keluarga. 


Yang ingin melanjutkan kuliah pasti masih bingung mau pilih jurusan apa yang cocok dengan basic nya atau bingung karena terkendala biaya untuk pendaftaran maupun biaya study persemester nya. 

Akhirnya lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu dengan harapan bisa mendapatkan uang dan bisa digunakan untuk biaya kuliah.

Bekerja merupakan tuntutan utama pada saat ini, Terutama bagi kalian yang baru lulus dari SMK. Tentu jika kita ingin bekerja maka kita harus mencari pekerjaan dan sebelum diterima bekerja kita harus menghadapi wawancara kerja atau interview. 

Untuk menghadapi wawancara kerja tentu perlu memperhatikan beberapa hal supaya wawancara kerja kita bisa berjalan lancar. Apa saja hal tersebut? Silahkan simak ulasan dibawah.

1. Mencari Tahu Perusahaan yang Akan Dituju

Sebelum melamar pekerjaan kesuatu perusahaan, Pastikan kita harus tau mengenai perusahaan tersebut seperti sejarah, prestasi dan profil perusahaan yang akan kita masuki. Hal tersebut biasa nya akan ditanyakan atau akan ada dalam sesi wawancara kerja.

2. Berpakaian Rapi

Hal ini sangat perlu diperhatikan karena berdampak besar pada penilaian HRD terhadap kita. Sebelum berangkat wawancara kerja, Pastikan kita harus memperhatikan pakaian kita yang sesuai dengan aturan dalam wawancara kerja. Jika kita tidak memperhatikan pakaian kita sudah dipastikan seorang HRD tidak mau mewawancari kita.

3. Siapkan Dokumen yang Harus Dibawa

Setiap perusahaan sudah menetapkan aturan masing-masing untuk kelengkapan dokumen dalam penerimaan pekerja baru. Untuk itu, Kita harus menyiapkan dokumen tersebut dan jangan sampai ada yang ketinggalan atau lupa diselipkan karena seorang HRD tidak menerima alasan jika ada dokumen yang kurang atau ketinggalan.

4. Siapkan Cerita Sukses Kalian

Kalian juga bisa menceritakan kesuksesan kalian atau prestasi kalian sebelum kalian melamar kerja disuatu perusahaan. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi kalian.

5. Berlatih Public Speaking atau Bahasa Tubuh

Untuk menghadapi wawancara kerja tentu harus mempersiapkan cara bicara kita dengan baik dan benar, bahasa tubuh kita ketika sedang berbicara dan kelancaran kita dalam menjawab pertanyaan dari HRD. Pastikan ketika kalian menjawab pertnyaan jawablah dengan jujur dan jangan bertele-tele.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menghadapi wawancara kerja. Semoga bisa membantu.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini supaya yang lain bisa membaca artikel ini juga. Terimakasih..
Baca Juga
I like to read and learn new things, especially about Writing and Programming and then applying them in my work, I work on my own to build Masherul.com and its derivative products.

Posting Komentar

Isi kolom komentar dibawah dengan komentar yang positif dan membangun demi kemajuan website ini.